UJIAN TENGAH SEMESTER
Mata Kuliah: Psikologi Industri dan Organisasi (PIO)
Nama: serlita van gobel
NIM:24310410206
Dosen pengampu: Dr.,Dra.Arundati Shinta M.A
Topik
Simulasi permainan motivasi berdasarkan kurva yerkes dotson dalam konteks perkuliahan
Sumber
Kegiatan simulasi pada kuliah bio ke-5 yang dilaksanakan pada 29 April 2025 dengan menggunakan model kurva yerkes dotson sebagai dasar teori, serta observasi partisipatif terhadap perilaku mahasiswa selama kegiatan berlangsung.
Permasalahan
Bagaimana permainan sederhana berupa tantangan melempar bola ke mangkuk yang berisi uang dapat merepresentasikan kurva dan bagaimana kurva tersebut relevan serta dapat diterapkan dalam dunia kerja untuk mengolah motivasi dan performa.
Tujuan penelitian
Menganalisis keseruan dan dinamika psikologis mahasiswa dalam simulasi games yang diberikan oleh dosen mengaitkan dinamika tersebut dengan kurva dan juga kita akan menjelaskan penerapan kurva ini bagaimana cara meningkatkan kinerja di dunia kerja khususnya dalam manajemen sumber daya manusia.
Isi
Kuliah tersebut mahasiswa diajak untuk berpartisipasi dalam sebuah game yang terdiri dari 6 mangkuk berisi uang dengan jarak yang berbeda-beda dari posisi berdiri mahasiswa mangkuk yang paling dekat 1 tidak berisi uang sedangkan mangkuk yang paling jauh ke enam berisi 100 tugas mahasiswa adalah melempar bola ke kertas ke salah satu mangkuk dan bila berhasil memasukkan bola tersebut ke dalam mangkuk yang dengan cara yang tepat mahasiswa bisa mengambil uang tersebut dan menjadi miliknya seutuhnya. Permainan ini bukan hanya hiburan semata tetapi juga simulasi yang sangat efektif untuk menggambarkan kurva yerkes dotson kurva ini menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat kesulitan tugas dan performa atau motivasi berbentuk kurva lonceng ketika tugas terlalu mudah itu membuat sebagian karyawan cepat bosan makanya perlu diadakan namanya sebuah rintangan kalau tidak ada rintangan mereka tidak akan berusaha dan semua itu mereka anggap bosan karena terlalu mudah menganggap sebuah keberhasilan ini dilakukan dengan cara mudah.
. Ketika tugas terlalu mudah (contohnya melempar ke mangkuk ke-1 atau ke-2), mahasiswa merasa kurang tertantang dan motivasinya rendah. Sebaliknya, saat tugas terlalu sulit (mangkuk ke-6 yang berjarak 400 cm), tingkat kegagalan tinggi sehingga motivasi bisa menurun karena frustrasi. Namun, pada titik tengah (misalnya mangkuk ke-3 dan ke-4), kesulitan cukup menantang namun masih memungkinkan untuk berhasil, sehingga motivasi dan performa mencapai puncaknya.
Metode
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui simulasi partisipatif di kelas pengamatan dilakukan terhadap perilaku dan pilihan mahasiswa dalam menentukan mangkuk sasaran analisis dilakukan dengan mengaitkan setiap pilihan mahasiswa terhadap tingkat kesulitan tugas dan jumlah uang sebagai bentuk insentif.
Hasil
Sebagian besar mahasiswa memilih untuk tidak melempar ke mangkuk yang paling dekat karena tidak menawarkan insentif hanya sedikit yang memilih mangkuk terjauh karena kesulitannya sangat tinggi pilihan terbanyak jatuh pada mangkuk ke-3 dan keempat yaitu dengan menawarkan hadiah cukup besar dengan tingkat kesulitan yang masih wajar hal ini membuktikan bahwa motivasi tertinggi terjadi pada tantangan yang berada di tengah-tengah antara terlalu mudah dan terlalu sulit sebagian digambarkan oleh kurva yerkes-doson.
Diskusi
Permainan ini menjadi ilustrasi nyata dari bagaimana manusia termotivasi oleh tantangan yang seimbang dan dalam dunia kerja kurva ini sangat relevan terutama dalam desain pekerjaan penentuan target karyawan dan strategi peningkatan produktivitas jika tugas yang diberikan terlalu mudah maka karyawan yang akan cepat bosan dan tidak berkembang dan sebaliknya tugas yang terlalu sulit akan menyebabkan stress kita itu harus menaruh di tengah-tengah supaya tidak cepat bosan dan tidak mudah cepat stres
Daftar pustaka
Arnold, J., Silvester, J., Patterson, F., Robertson, I. T., Cooper, C. L., & Burnes, B. (2010). Work Psychology: Understanding Human Behaviour in the Workplace (5th ed.). Harlow: Pearson Education.
Greenberg, J., & Baron, R. A. (2008). Behavior in Organizations (9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). Harlow: Pearson Education.
Yerkes, R. M., & Dodson, J. D. (1908).
0 komentar:
Posting Komentar