Selasa, 13 Mei 2025

Keseruan Bermain Games dengan Kurva

UJIAN TENGAH SEMESTER 


 Nama : Khansa Humaira 


NIM : 24310410034


Kelas : A


Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi


Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta, M.A



TOPIK 

Pengaruh Motivasi dan Kinerja dalam Kesuksesan Kerja.


SUMBER

Permainan games pada mahasiswa Psikologi di Universitas Proklamasi pada mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi ke-5 tanggal 29 April 2025. Pada simulasi ini mahasiswa diminta untuk memasukkan bola ke dalam mangkuk yang berisi uang, semakin jauh jarak mangkuk tersebut dengan mahasiswa maka semakin besar nominal uang nya.


PERMASALAN

Pada kuliah PIO ke-5 tanggal 29 April 2025 terhadap simulasi “mangkok uang” yaitu adanya kaitan antara tingkat kesulitan dengan tingkat keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuan. Yang mana mahasiswa berusaha untuk memasukkan bola kedalam mangkuk yang berisikan uang. Mahasiswa yang berhasil memasukkan bola ke mangkuk yang jauh (tugas yang lebih sulit) maka mendapatkan imbalan yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswanya, semakin mahasiswa mengerjakan tugas yang lebih sulit maka semakin besar imbalan atau nilai yang didapatkan.


TUJUAN PENELITIAN 

Menganalisis hubungan antara tingkat kesulitan tugas dengan keberhasilan nya, dan Memotivasi mahasiswa untuk tidak menyerah dalam mencapai sesuatu atau mengerjakan tugas yang sulit.


ISI

√ Dalam kurva tersebut menceritakan adanya 6 mangkuk berisikan uang yang berbeda-beda.

Jarak yang paling dekat dengan mahasiswa yaitu tidak berisikan uang (0 rupiah).

Jarak 50 cm dari mahasiswa yang berisikan uang (1000 rupiah)

Jarak 100 cm dari mahasiswa yang berisikan uang (10.000rupiah)

Jarak 150 cm dari mahasiswa yang berisikan uang (20.000 rupiah)

Jarak 300 cm dari mahasiswa yang berisikan uang (50.000 rupiah)

Jarak 400 cm dari mahasiswa yang berisikan uang (100.000 rupiah).


√ Dalam simulasi game tersebut mahasiswa dihadapkan pada pilihan untuk mengambil resiko yang tinggi demi mendapatkan reward yang besar. 

 Pada mangkok pertama, yaitu mangkok yang paling dekat dengan mahasiswa memiliki resiko yang rendah maka ini aman tetapi reward rendah.

Sedangkan mangkok yang paling jauh memiliki risiko yang sangat tinggi dan tingkat kesulitan yang tinggi tetapi mangkok tersebut memiliki reward yang besar.

Jadi yang dimaksud disini adalah jika kamu mengambil resiko yang tinggi maka kemungkinan besar kamu mendapatkan riwayat yang tinggi juga.


√ Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keseruan game tersebut diantaranya :

Tantangan untuk menuju pencapaian ( kesuksesan untuk memasuki bola ke dalam mangkok terutama pada jarak yang jauh maka diperlukan tantangan jika sudah masuk maka akan mendapatkan kepuasan dalam pencapaian.)

Kompetisi (game ini memiliki perlombaan yang sangat seru, di mana mahasiswa harus melemparkan bola ke dalam mangkuk agar bisa mendapatkan reward.)

Tingkat kesulitan. (game ini memiliki berbagai macam tingkat kesulitan, game ini sangat menarik untuk berbagai tipe kepribadian dan kemampuan.)


METODE 

Pengumpulan data. Cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu pengamatan secara langsung pada simulasi game tersebut.

Analisis data. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi untuk menganalisis hubungan antara variabel. 


HASIL 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan hubungan antara tingkat kesulitan tugas, motivasi, dan kinerja mahasiswa. Hasil penelitian ini juga dapat membuat mahasiswa paham tentang kurva resiko dan reward. 


DISKUSI 

dalam simulasi game tersebut menggambarkan ilustrasi sederhana tentang pengambilan keputusan dalam dunia kerja.

memahami kurva resiko dan riwayat itu sangat penting. penelitian ini juga dapat mempengaruhi individu untuk mengambil keputusan dalam dunia nyata.

Essay ini bertujuan untuk memahami hubungan antara tingkat kesulitan kerja dan motivasi. diskusi juga akan mengeksplor faktor lain yang mempengaruhi mahasiswa dalam kinerjanya seperti kepercayaan diri, kemampuan, dan strategi yang digunakan untuk memecahkan masalah kesulitan kerja.



DAFTAR PUSTAKA 


1. ] Baron, J. & Hershey, J. (Eds.). (2006). Handbook of judgment and decision making. Blackwell Publishing. (Buku komprehensif tentang pengambilan keputusan, mencakup berbagai aspek)


2. ]Kreitner, R., & Kinicki, A. (2013). Organizational behavior. McGraw-Hill/Irwin. (Buku teks standar tentang Psikologi Industri dan Organisasi, mencakup topik pengambilan keputusan dalam konteks kerja)


3. ]Muchinsky, P. M. (2012). P

sychology applied to work. Psychology Press.




Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar