Peimplementasian games dalam dunia kerja.
Muhammad Saifullah Hidayah
24310410010
Psikologi Industri Dan organisasi
Ujian Tengah Semester
Ra., Dra. Arundati Shinta M.A.
TOPIK
Penerapan keseruan games dalam dunia kerja.
SUMBER
Permainan games yang dilakukan pada kuliah PIO ke-5 pada tanggal 29 April 2025 merupakan pengalaman belajar yang sangat menarik dan interaktif serta menjadikan mahasiswa berpikir seperti apa usaha dalam hasil memuaskan. Dalam games yang diadakan tersebut, mahasiswa diminta untuk memasukkan bola kertas ke dalam mangkuk dengan cara melempar dalam jarak tertentu yang berjarak berbeda dan berisi uang dengan nilai yang berbeda-beda, mulai dari 0, 500 rupiah hingga 100.000 rupiah.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah agar mahasiswa mengimplementasikan observasi keseruan games yang dilaksanakan di kelas PIO dalam bentuk kurva yang dapat menggambarkan keseruan games tersebut adalah kurva risiko dan reward. Semakin jauh mangkuk dari mahasiswa, semakin tinggi nilai yang terkandung di dalamnya, namun semakin sulit untuk juga untuk mencapainya. Ini menggambarkan bahwa semakin tinggi resiko yang diambil, semakin tinggi pula reward yang dapat diperoleh. Dan mahasiswa juga meimplementasikan bagaimana games ini dapat diterapkan dalam dunia kerja.
ISI
Kurva tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:
- Mangkuk ke-1 (jarak 0 cm): tidak ada uang, tidak ada resiko
- Mangkuk ke-2 (jarak 50 cm): uang Rp. 100,-, resiko rendah
- Mangkuk ke-3 (jarak 100 cm): uang Rp. 5.000,-, resiko sedang
- Mangkuk ke-4 (jarak 150 cm): uang Rp. 20.000,-, resiko tinggi
- Mangkuk ke-5 (jarak 250 cm): uang Rp. 50.000,-, resiko sangat tinggi
- Mangkuk ke-6 (jarak 400 cm): uang Rp. 100.000,-, resiko ekstrim
Dalam dunia kerja, kurva risiko dan reward ini sangat relevan. Banyak keputusan yang diambil dalam dunia kerja melibatkan perhitungan risiko dan potensi reward. Semakin tinggi risiko yang diambil, semakin tinggi pula potensi reward yang dapat diperoleh. Namun, jika risiko tidak diimbangi dengan kemampuan dan perencanaan yang baik, maka dapat menyebabkan kegagalan.
Penerapan kurva risiko dan reward dalam dunia kerja dapat dilihat dalam beberapa aspek, seperti:
- Pengambilan keputusan bisnis: perusahaan harus mempertimbangkan risiko dan potensi reward sebelum membuat keputusan bisnis.
- Investasi: investor harus mempertimbangkan risiko dan potensi return sebelum membuat keputusan investasi.
- Pengembangan karir: individu harus mempertimbangkan risiko dan potensi reward sebelum membuat keputusan karir.
Dengan memahami kurva risiko dan reward, individu dan organisasi dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efektif dalam mencapai tujuan mereka. Oleh karena itu, simulasi games yang dilakukan pada kuliah PIO merupakan pengalaman belajar yang sangat berharga dan dapat diterapkan dalam dunia kerja.
METODE
- Metode penelitian yang dapat digunakan untuk menganalisis simulasi games tersebut adalah metode eksperimental. Dalam metode ini, variabel independen (jarak mangkuk) diubah-ubah untuk melihat efeknya terhadap variabel dependen (keberhasilan memasukkan bola dan reward yang diperoleh).
- Penelitian ini juga dapat menggunakan metode analisis statistik untuk menganalisis data yang diperoleh dari simulasi games, seperti analisis regresi untuk melihat hubungan antara jarak mangkuk dan keberhasilan memasukkan bola.
HASIL
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa simulasi games yang dilakukan pada kuliah PIO dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang kurva risiko dan reward. Mahasiswa dapat memahami bahwa semakin tinggi risiko yang diambil, semakin tinggi pula potensi reward yang dapat diperoleh.
DISKUSI
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa games yang dilakukan dapat diimplementasikan dalam kehidupan dunia kerja sebab semakin tinggi semuanya seseorang dalam mencapai sesuatu maka semakin tinggi pula hasil yang didapatkan dan begitu juga sebaliknya.
Daftar isi
- Kahneman & Tversky (1979) - Prospect Theory
- Sharpe (1964) - Capital Asset Prices
- Markowitz (1952) - Portfolio Selectio
0 komentar:
Posting Komentar