Klinik Karir Psikologi Sosial I
NIM : 17.310.410.1173
Pertanyaan :
Bu, saya seorang manajer di
perusahaan swasta, saya punya atasan Kepala Divisi yang cara kerjanya tidak
sistematis. Minta laporan hari ini dan harus siap hari ini. Tidak pernah ada
rapat koordinasi di divisi kami,
pembagian kerja tidak jelas, orang yang mau
dan mampu kerja disuruh-suruh terus, sedangkan yang malas malah semakin santai.
Mohon saran.
Jawab :
Dalam dunia kerja, kita tidak bisa
memilih boss atau atasan kita. Bahkan seringkali kita tidak bisa memilih
bawahan atau tim kerja kita. Butuh strategi dan kedewasaan dalam situasi yang
seperti itu. Seorang karyawan yang punya potensi tinggi untuk berhasil dalam
karirnya adalah mereka yang tidak hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan,
tetapi adalah mereka yang proaktif mencari solusi dan memberikan
gagasan/masukan kepada atasannya.
·
Anda bisa mengusulkan kepada atasan untuk
membuat Calender of Event (COE). Misal setiap hari Jumat setiap
Departemen mengadakan rapat internal, hasilnya dilaporkan di rapat Divisi di
hari Senin. Dalam rapat divisi, laporkan yang sudah ada solusinya dan mintakan
arahan/masukan jika belum ketemu solusinya
·
Berinisiatiflah membuat job description untuk
departemen anda, tupoksi anda dan staf anda. Setelah itu sodorkan juga konsep
job description departemen lain, sebagai bahan masukan anda.
Dengan melakukan dua hal tersebut
diatas, anda tidak akan direpotkan lagi dengan cara kerja yang tidak sistematis
sekaligus menunjukkan kapabilitas anda sebagai manajer yang punya konsep,
berwawasan dan mau bekerja melampaui kewajibannya (beyond over expectation). Bagaimana kalau ide-ide anda itu diklaim
sebagai ide atasan? Tidak perlu kecewa, orang lain mungkin tidak tahu, tapi
boss anda akan mengakui hal itu dalam hati kecilnya. Diatas itu semua
percayalah “kebenaran akan menemukan jalannya, emas akan tetap berbeda
dibandingkan Loyang”.
0 komentar:
Posting Komentar