Kamis, 05 April 2018

DAMPAK GADGET

Psikologi Sosial 1
Riyanti
17.310.410.1163



Menurut Maslow, bahwa orang-orang yang sehat adalah orang yang mampu berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan  dirinya dan puncaknya mampu mengaktualisasi diri dengan baik.
Di jaman yang serba modern ini,tentunya kebtuhan manusia pun meningkat. Terutama dalam bidang komunikasi. Kebutuhan gadget bisa dibilang menjadi kebutuhan utama. Bukan hanya sebagai alat komunikasi saja,namun gadget menjadi alat bantu aktivitas lain. Seperti, sebagai sumber berita.
Sayangnya, dengan adanya gadget tidak hanya memberikan dampak positif saja, namun dampak negatif dalam pemakaian gadget yang berlebihan. 
Kali ini saya ingin menuliskan dampak negatif pada pengguna gadget,terutama dalam masalah psikologis. Karena bukan hanya pada anak saja, dampak psikologis  ini juga dapat terjadi pada orang dewasa pengguna gadget, berikut beberapa dampaknya:
1. Mengurangi interaksi dengan orang lain
Meskipun gadget mampu mempermudah komunikasi antar manusia, namun tanpa disadari menggunakan gadget terlalu sering malah membuat interaksi sosial di dunia nyata menjadi berkurang. Terlalu fokus pada gadget membuat orang tidak mudah melihat dan empati kepada lingkungan sekitar. Secara tidak langsung hal ini akan membentuk gangguan kepribadian anti sosial.
2. Berpotensi menjauhkan hal-hal yang dekat
Contoh kasusnya adalah ketika dalam sebuah keluarga sedang mengadakan makan bersama namun karena masing-masing dari mereka sibuk dengan gadget maka suasana menjadi tidak sehangat ketika tidak bermain gadget. Hal ini juga dapat menjadi penyebab keluarga kurang harmonis.
3. Malas melakukan aktivitas lain
Kecanduan bermain gadget membuat orang malas melakukan aktivitas lain. 
4. Menumbuhkan sikap egosentris
Penggunaan gadget terlalu sering menjadikan orang untuk tidak peduli satu sama lain,dan kurang empati dan memperhatikan lingkungan.
5. Penyebab waktu tidur berkurang
Kebiasaan bermain gadget sebelum tidur akan membuat waktu tidur berkurang,karena keasyikan memandang layar gadget.
6. Memicu berkembangnya konsumerisme
Artinya bahwa akan ada keinginan bagi pengguna gadget untuk terus menerus membeli gadget dengan model terbaru.
7. Menurunnya konsentrasi
Kebiasaan bermain gadget, bermain game secara tidak langsung merusak kemampuan berkonsentrasi dalam belajar maupun bekerja. Karena yg otak pikirkan hanya bagaimana bisa memegang gadget.
8. Masalah kesehatan
Menggunakan gadget dengan media earphone secar berlebih mampu menurunkan daya pendengaran.
Juga terlalu sering menggunakan gadget dapat menyebabkan mata kering.

Dampak negatif tersebut biasanya terjadi pada anak maupun remaja,dan bisa terjadi dengan orang dewasa. Tentunya selain berdampak negatif gadget juga amat sangat berdampak positif jika menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.


Daftar Pustaka:
http//klubwanita.com
Siswanto.(2007). Kesehatan Mental. Yogyakarta: Penerbit Andi


0 komentar:

Posting Komentar