Selasa, 16 April 2019

MEMULAI USAHA BARU DENGAN MODAL YANG TERBATAS


Meysella Al Firdha Hanim
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


"Non, saya ini sulit mendapatkan pekerjaan, sementara saya harus menghasilkan uang demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Jika saya memulai usaha baru, maka saya harus menyediakan modal, sedangkan modal yang saya miliki hanya sedikit. Kira-kira usaha apa yang harus saya pilih?"

Dengan keterbatasan modal, kita harus pandai memutar otak agar usaha berjalan dengan lancar. Saya menyarankan untuk membuka usaha kerajinan yang berbahan baku limbah, terutama limbah plastik. Kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan dapat menjadi salah satu ide munculnya peluang usaha baru. Bahan plastik yang berasal dari limbah rumah tangga maupun limbah pabrik, dapat dimanfaatkan untuk membuat produk-produk yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Meskipun bahan bakunya dari limbah, bukan berarti produk yang dihasilkan memiliki kualitas rendah, dengan keunikan dan kreativitas yang dimiliki, produk tersebut mampu menarik minat konsumen. Pemasaran melalui pameran dan melalui media sosial sangat membantu untuk memasarkan produk.
Solusi agar usaha berjalan dengan lancar yaitu dengan semangat dan tidak mudah putus asa. Setiap orang pasti pernah terpuruk dalam menjalankan suatu usaha, tapi hal itu bukan menjadi alasan untuk menyerah dan mencoba beralih usaha lainnya. Kegagalan sebaiknya dijadikan pembelajaran, karena kesuksesan diperoleh dari rentetan kegagalan. Tidak hanya berlaku pada bisnis, tapi pada semua aspek kehidupan. Jadikan kegagalan sebagai motivasi agar tetap semangat menjalankan usaha. Seseorang juga harus meningkatkan pengetahuan dan berinovasi agar produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang terjaga serta berkembang menjadi lebih baik. Semakin banyak relasi akan memudahkan untuk mendapatkan ide dalam mengembangkan usaha.

Tetap semangat, semoga jawaban saya membantu.







0 komentar:

Posting Komentar