Selasa, 21 Februari 2017

FESTIVAL KESENIAN YOGYAKARTA DAN PENGENALAN KARIR DI BIDANG SENI



KIPRAH DOSEN DAN MAHASISWA PSIKOLOGI UP45
DI RADIO EMC MINGGU KE-4


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Yogyakarta sebagai kota yang memberikan perhatian serius terhadap seni dan budaya menyelenggarakan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) sebagai upaya pelestarian dan penggalian budaya seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Bambang Legowo bahwa FKY merupakan festival seni budaya tingkat DIY yang digelar setiap tahun yang sebelumnya dipusatkan di kota Yogyakarta, namun dalam beberapa tahun terakhir ini FKY diselenggarakan di tingkat kabupaten dan kota (Sidik, 2015). Tujuan diselengggarakan FKY setiap tahunnya sebagai kesempatan bagi masyarakat untuk tampil dan menunjukkan potensinya dalam berkeseniaan, hal ini didukung oleh pernyataan Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, “Senimannya semakin berkembang, masyarakatnya bisa mencintai seni dan budaya sendiri”. (Hary, 2015).


Festifal kesenian yang diselenggarakan di Yogyakarta diharapkan pula mampu menggali kreativitas masyarakat dalam meningkatkan potensi diri di era globalisasi seperti pada saat ini tanpa meninggalkan tradisi budaya yang telah ada. Salah satu hal yang dapat menjadi inspirasi dalam peningkatan potensi diri melalui FKY yaitu pengenalan karir di bidang seni. Pemahaman masyarakat terhadap karir di bidang seni perlu lebih dikembangkan. Terlebih bagi kalangan masyarakat yang dalam memandang karir hanya berdasarkan gengsi. Karir hendaknya sesuai dengan bakat dan potensi masing-masing individu selanjutnya sesuai dengan minat internal individu.  

Kota Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kota pelajar sudah selayaknya mampu mendorong para pelajar dan mahasiswa untuk turut serta menggali dan melestarikan budaya. Demikian halnya bagi para pelajar dan mahasiswa terlebih yang sedang menuntut ilmu di kota Yogyakarta diharapkan mampu turut menjaga dan melestarikan budaya yang ada serta lebih termotivasi di dalam mengembangkan potensinya untuk selanjutnya menentukan karir  sesuai dengan bakat dan minatnya.

Tulisan ini adalah materi siaran di Radio EMC, buah dari kerjasama antara Radio EMC dengan Fakultas Psikologi UP45. Siaran kali ini terlaksana pada 25 Agustus 2015, atau minggu ke-4. Nama acaranya adalah PEKA, Peduli Keluarga, karena acara ini emmang ditujukan apda keluarga. Punggawa kali ini adalah Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA, dosen yang paling dicintai mahasiswa. Beliau diiringi oleh Tri Welas Asih, mahasiswa Psikologi UP45 yang prestasi menulisnya luar biasa, bahkan mengalahkan dosennya.



Referensi
Hary, Y.W. (2015). Lomba rangkaian penjor di FKY 2015.Kulonprogo News. 23 Agustus 2015. Diakses dari: http://kulonprogonews.com/news/lomba-rangkai-penjor-di-fky-2015/
Sidik, H. (2015). Pawai budaya ramaikan pembukaan Festifal Kesenian Yogyakarta. Antaranews.com. 20 Agustus 2015. Diakses dari:
            http://www.antaranews.com/berita/513445/pawai-budaya-ramaikan-pembukaan-festival-kesenian-yogyakarta

Suggested citation:
Widiantoro, W. (2015). Festival kesenian Yogyakarta dan pengenalan karir di bidang seni. Program Pelita Keluarga, Radio EMC Yogyakarta. 25 Agustus 2015.

0 komentar:

Posting Komentar