Minggu, 19 Februari 2017

KIPRAH DIVISI SCD MENDORONG MAHASISWA UP45:



MENCIPTAKAN TENAGA KERJA UNGGULAN MELALUI PROGRAM  PENJAMINAN KERJA (PPK) UP 45 YOGYAKARTA

Amin Nurohmah
Student Character Development (SCD)
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 Student Character Development (SCD) merupakan salah satu unit di bawah bidang I yang menunjang visi dan misi Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta. Salah satu program kegiatannya adalah Program Penjaminan Kerja (PPK). Program PPK merupakan program yang dirancang oleh UP 45 Yogyakarta sebagai program unggulan dengan tujuan secara umum untuk meningkatkan kualitas mahasiswa guna persiapan memasuki dunia kerja. Program dilaksanakan selama 7 (Tujuh) Semester dengan penyesuaian waktu pada masing-masing kegiatannya.  Pelaksanaan turunan program dibagi ke dalam bentuk kegiatan rutin (Mingguan) dan kegiatan periodik (Tahunan, Semesteran, atau Bulanan).


Secara umum PPK dirancang untuk menumbuhkan Sumber Daya Manusia yang unggulan dibidangnya ditunjang dengan penguasaan skill program komputer, bahasa asing, dan kemampuan menulis. Pada Tahun Ajaran 2016-2017 ini unit kerja SCD telah melaksanakan sosialisasi dan seleksi PPK  bagi mahasiswa UP 45 Yogyakarta. Proses seleksi PPK dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama yaitu penilaian akademik calon peserta PPK UP45 yang dilaksanakan tanggal 6 Oktober 2016 bertempat di Laboratorium Komputer UP 45. Selanjutnya proses seleksi tahap dua difokuskan pada ujian TOEFL Like pada tanggal 07 Oktober 2016 di bawah koordinasi SDC (Student Character Development) bekerjasama dengan Kegiatan Literasi Bahasa Inggris Fakultas Psikologi UP 45 Yogyakarta yang dibina Ibu Arundati Shinta dan FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA


Kedua tahapan proses seleksi tersebut penting dilakukan sebagai dasar penilaian dan evaluasi peserta didik PPK UP 45 disetiap jenjang kegiatan. Harapannya melalui proses monitoring, penilaian, dan evaluasi dari awal hingga akhir, benar-benar menghasilkan lulusan program yang unggulan dan langsung dapat terserap di dunia kerja. Hasil evaluasi juga digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban unit SCD UP 45 selaku fasilitator, dan pendamping PPK kepada orangtua/wali mahasiswa peserta program. Jalinan komunikasi yang baik antara pihak unisversitas, dan orangtua/wali mahasiswa akan menunjang keberhasilan seluruh rangkaian kegiatan baik secara moril maupun materiil. Partisipasi mahasiswa dalam program PPK UP 45 ini diharapkan akan terus berlangsung dengan lancar dan bertambah. Seleksi Program PPK dilaksanakan satu kali setiap tahun dan terbuka bagi seluruh mahasiswa UP 45 yang berminat. Lulusan yang berkompeten tentu akan menunjang kemajuan UP 45 Yogyakarta sebagai The University of Petroleum di Indonesia. Semoga.

0 komentar:

Posting Komentar