Selasa, 10 April 2018

Klinik Karir Psikologi Sosial I
                                         Nama: RR Erlin Setyati          
NIM   : 17.310.410.1173

Pertanyaan :
Saya mempunyai usaha industri rumahan dengan 13 orang pekerja.  Saya mempunyai masalah dengan salah seorang pekerja saya yang seringkali minta ijin tidak masuk kerja atau minta ijin untuk datang siang.  Setiap
minggu pasti ada ijin seperti itu. Hasil kerja dia adalah salah satu yang saya andalkan, karena bagus dan rapi. Bagaimana saya harus bertindak kepada karyawan ini?

Jawab :

Saya paham dilema yang anda hadapi, disatu sisi dia menjengkelkan anda tetapi disisi lain anda membutuhkan keahliannya. Yang pertama anda bisa lakukan adalah melakukan pendekatan secara personal kepada ybs. Bicaralah dari hati ke hati, kenapa dia sering ijin datang siang atau tidak masuk? Apa karena ada masalah pribadi (harus kontrol rutin ke dokter misalnya), karena masalah keluarga (orangtuanya sakit dan perlu penanganan khusus, atau harus mengurus anaknya), atau ada masalah lain.  Dengan memahami latar belakang masalahnya, anda akan bisa mengambil keputusan dengan bijaksana. Dan seringkali bagi si karyawan, bentuk perhatian anda secara pribadi seperti itu bisa jadi menimbulkan kesan positif dan penilaian tersendiri pada anda. Dengan empati dan simpati yang anda tunjukkan,suasana kerja di perusahaan anda akan lebih nyaman. Kedisiplinan memang harus ditegakkan, tetapi anda harus paham bagaimana cara menegakkan disiplin dalam setiap situasi. Dengan jumlah karyawan sebanyak 13 orang, anda masih punya kemampuan untuk menilai karakter setiap personal dan bagaimana cara anda mengatasi setiap persoalan masing-masing karyawan anda.   

0 komentar:

Posting Komentar