Senin, 10 Juni 2019

Kesulitan dalam Interview


Meysella Al Firdha Hanim
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


“Mba, saya nih banyak panggilan interview kerja. Berhubung komunikasi saya kurang baik, banyak lamaran saya yang ditolak. Saat saya berbicara dengan orang asing atau berbucara mengenai perasaan saya selalu kesulitan untuk menyuarakan pendapat. Suara saya tidak mau keluar dan terhenti ditenggorokan seperti orang mau menangis. Saat menjawab pertanyaan dari HRD terkesan saya bicara sambil menangis, tenggorokan dan dada saya sakit sekali dan suara menjadi serak kurang jelas. Bagaimana solusi dari masalah saya itu Mba? Terima kasih.”

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena Mba E sudah mempercayakan dan menceritakan permasalah Mba E kepada saya. Masalah yang berhubungan dengan kemampuan sosial dan komunikasi dapat disebabkan berbagai hal yaitu, factor biologis, kecemasan, trauma, tidak percaya diri, dan tidak pernah punya kesempatan untuk menyuarakan pendapat atau bersosialisasi sehingga seseorang tidak pernah belajar untuk berkomunikasi dengan baik.
Tips sederhana untuk mengatasi masalah komunikasi adalah dengan berlatih berkomunikasi atau membiasakan diri untuk menyuarakan pendapat pada orang lain, selama penyampaian pendapat diusahakan dengan perasaan tenang dan santai, tidak terburu-buru, dan kenali kapan diri Mba E mulai merasa tidak nyaman dengan percakapan tersebut dengan cara mengatur napas perlahan dan mengucapkan kata-kata positif yang dapat membuat Mba E merasa lebih baik.
Silahkan dipraktekkan dan semoga jawaban saya bisa membantu Mba E.

0 komentar:

Posting Komentar