Kamis, 02 Mei 2019

Wawancara Penjaga Toilet Wanita Di Mall Jogja


WAWANCARA PENJAGA TOILET WANITA DI MALL JOGJA
ANTARA JARAK TEMPAT KERJA DAN JARAK RUMAH

Hesmi Nurhidayatun
Klinik Karir
Psikologi Industri dan Organisasi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Namanya adalah Fera usianya 25 tahun,ia adalah seorang penjaga toilet wanita di sebuah mall di jogja,Fera memiliki permasalahan di tempat kerjanya yaitu: tentang pembagian shift kerjanya yang kadang ia rasakan berbeda dari teman temanya yang lain. Fera tinggal di Kulon Progo setiap harinya Fera melaju pulang pergi, ia tidak tinggal di kos seperti teman teman yang lainnya,ia juga tidak pernah membawa bekal dari rumah sehingga untuk waktu istirahat makan siang atau malam ia harus jajan.

Fera mengatakan bahwa jarak antara tempat tinggal dan tempat kerja nya yang lumayan memakan waktu dan belum lagi di tambah dengan biaya ongkos kendaraan yang ia gunakan untuk pulang pergi,jika Fera masuk pada shift pagi ia biasanya berangkat dari rumah sekitar pukul 05:30 lebih awal dari teman teman yang lainnya karena di tempat kerja Fera beroprasi pada pukul 07:00 wib.


Fera mengeluhkan jadwal yang berbeda dengan teman teman seprofesinya ia lebih banyak jamping atau setelah shift siang keesokannya masuk pagi,sedangkan ia harus pulang melaju,jik Fera shift siang dan besoknya masuk pagi biasanya Fera tiba di rumah sekitar pukul 24:15-24:30, bagi Fera waktu yang sangat mepet.

Fera menginginkan jadwal yang setara rata dengan teman teman yang lainnya,agar tidak membuang waktu di jalan,namun Fera masih ragu untuk berkonsultasi pada atasanya tentang jadwal kerja yang sedang ia jalani.

Sekedar saran untuk mbak Fera

1.agar tidak terjadi pemborosan yang lebih bawalah bekal dari rumah,untuk mengurangi jajan makanan makan siang ataupun malam saat istirahat kerja.
2.jika jadwal mbak fera kebagian waktu jamping,cobalah mbak fera tanyakan pada teman atau rekan kerja wanita nya bolehkah menginap satu malam di kos atau rumahnya agar bisa istirahat,dan tidak terlalu capek di perjalanan keesokannya.
3.bicaralah baik baik dengan partner jika mbak fera selalu mendapatkan shift jamping agar sesekali mau di ajak untuk bertukar dan menghindari jamping shift.
4.bicarakan pada atasan untuk membuat jadwal lebih adil lagi seperti teman teman yang lainnya misalnya 1 minggu masuk pagi lalu libur dan satu minggu masuk siang agar tidak adalagi shift jamping.

0 komentar:

Posting Komentar