Rabu, 08 Mei 2019

BURNOUT PADA SALAH SATU KARYAWAN PT X DI JAKARTA


Burnout pada salah satu karyawan PT X di Jakarta
Sri Sunu Widyaningsih
183104201178
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dear mbak Widya,
Selamat sore mbak Widya. Perkenalkan saya SN. Usia saya 24 tahun. Jadi langsung saja ya mbak Widya, saya adalah satu karyawan swasta di PT X di Jakarta. Nah, perusahaan tersebut bergerak dalam bidang IT. Namun saya merasa jenuh dengan situasi Jakarta yang macet, padat, dan segala bahan baku mahal mbak. Saya bingung karena gaji saya habis terus dan sudah berkurang untuk ongkos transportasi, makan, dan lain-lain. Sehingga saya merasa bahwa dengan upah sebesar itu selalu merasa kurang mbak. Apalagi nanti jika saya sudah memiliki istri dan anak. Walau kebanyakan orang berpikir bahwa bekerja di Jakarta enak, tetapi berbeda dengan saya yang merasa jenuh dengan situasi perkotaan yang banyak polusi, sehingga saya harus tetap menjaga kondisi tubuh saya agar tetap fit. Saya juga jenuh dengan situasi di kantor, tiap malam saya lembur mbak, saya capek mbak tinggal di Jakarta. Apa saya perlu melamar pekerjaan di kota lain? Yang seenggaknya tidak sumpek mbak. Nah, dari mbak Widya apakah ada saran dan solusi untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan saya terhadap perkotaan serta dunia perkantoran di tempat saya bekerja ? Terima kasih mbak, Saya tunggu jawabannya ya,

Jawaban :
Selamat sore juga mas SN. Terima kasih saya ucapkan kepada mas SN karena Anda telah menjadikan saya sebagai teman curhat. Baik mas SN, saya akan menjawab pertanyaan dari Anda. Mas, seharusnya Anda bersyukur mampu bekerja di salah satu perusahaan terkenal di Jakarta, karena tidak semua orang mampu bekerja di perusahaan besar seperti mas. Mas SN jenuh ya, dengan kejenuhan terhadap pekerjaan kerap kali disebut dengan burnout. Dimana burnout menurut Rholetter, dkk (2019) merupakan suatu hal yang kerap terjadi baik dialami oleh individu dan masyarakat luas. Gejala kejiwaan yang terjadi akibat dari burnout diantaranya yaitu kelelahan, sulit berkonsentrasi, ingatan lemah, dan perubahan kepribadian mulai dari tidak tertarik akan suatu hal, menjadi sinis, dan lebih agresi. burnout juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menyalahgunakan obat-obatan, cemas, depresi, dan bahkan bunuh diri. Gejala fisik yang umum dialami karena burnout ialah sakit kepala, gangguan pencernaan, dan masalah kardiovaskular seperti takikardia, aritmia, dan hipertensi. Dalam hal di ruang lingkup sosial dapat mengakibatkan pula penarikan di tempat kerja, masalah perkawinan atau seksual, dan isolasi sosial.
Dari hal-hal tersebut, bisa saya sarankan mas SN menyisakan waktu untuk melakukan kegiatan lain yang dapat menunjang kesenangan pada diri. Sebagai contoh, mas SN bisa melakukan hal sesuai hobinya mungkin melukis atau berenang, lalu bisa juga berkumpul bersama teman-teman sembari minum soft drink dan menghisap beberapa batang rokok untuk melepas penat, atau bisa juga makan-makanan favorit yang membuat lidah menjadi kangen akan harmonisasi masakan-masakan yang memuaskan lidah. Kalaupun mas SN tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal tersebut saran saya yang lain adalah mas SN perlu tidur yang cukup, dan mulai hidup sehat, dengan makan-makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, atau olahraga gym dan sebagainya.
 Memang bekerja di perkotaan sangat lah berat, namun jika mas SN melakukan segala sesuatu hal dalam pekerjaannya dengan senang dan suka ria maka rasa lelah jenuh akan lebih ringan dan bahkan tidak terasa sama sekali, karena hal penting dalam bekerja adalah nyaman dan tidak menjadi beban. Lagipula akan menjadi pertimbangan yang sangat besar apabila mas SN ingin pindah bekerja di tempat lain. Hal yang perlu diperhatikan dari lingkungan kantor, pendapatan bulanannya, teman-teman kantor menyenangkan atau tidak, atasan yang baik atau menyusahkan, jarak antara rumah dan kantor jauh atau tidak, dan kemungkinan perasaan yang didapat saat adaptasi berkerja di tempat baru.
Jadi seperti itu mas SN saran-saran saya yang dapat saya berikan. Semoga mas SN bisa terbantu dalam hidupnya jika melakukan saran-saran yang saya sebutkan tadi. Tetap semangat. Salam Super, Widya.

DAFTAR PUSTAKA
Rholetter, Wylene, Med. 2019. Burnout (Psychology). Salem Press Encyclopedia. 2p

0 komentar:

Posting Komentar