Senin, 27 Mei 2019

Pekerjaan Yang Menyenangkan Tapi Sering Cemas

Meysella Al Firdha Hanim
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


“Saya merasa hidup saya menyenangkan, dan saya menyukai pekerjaan saya. Akan tetapi, saya banyak merasa cemas dan takut terhadap kemampuan diri saya dalam menyelesaikan pekerjaan. Saya cemas terhadap pandangan orang lain di kantor terhadap hasil pekerjaan saya. Saya sudah berulang kali diingatkan oleh rekan kerja bahwa apa yang saya takutkan sebenarnya bahkan tidak perlu saya cemaskan. Tapi tetap saja sulit bagi saya untuk mengusir cemas dan takut yang seringkali bisa berlebihan. Apa yang harus saya lakukan?”

Perlu diketahui bahwa adaptasi dengan lingkungan yang baru tentu selalu menjadi tantangan bahkan bagi mereka yang katanya mudah beradaptasi. Tetap akan ada sesuatu yang tidak sesuai dengan kebiasaan kita, akan ada sesuatu yang bertolak belakang dengan kepribadian kita. Belum lagi, kita harus terbiasa dengan hal yang di luar ekspektasi. Lingkungan baru sering menghadirkan kejutan tidak terduga. Kita dipaksa siap untuk apapun yang hadir di hadapan kita. Beradaptasi dengan lingkungan baru berarti mengharuskan kita untuk keluar dari zona nyaman.
Hal yang wajar jika dalam prosesnya kita dilanda kekhawatiran dan rasa takut. Lingkungan baru tentu datang dengan pengharapannya sendiri. Wajar jika kita kadang meragukan diri sendiri. Semua menjadi buruk ketika ternyata pikiran kita hanya diisi oleh rasa khawatir dan takut. Rasanya kepercayaan diri menguap begitu saja. Kita yang dulu yakin dengan pilihan kita untuk menerima tanggung jawab baru dengan memasuki dunia kerja mendadak ragu. Semua ini akhirnya menjadikan kita tidak produktif bekerja.
Seringkali kita memikirkan sesuatu secara terus-menerus sehingga muncul emosi negatif dalam diri. Emosi negatif seperti khawatir,cemas dan perasaan bersalah. Tugas kita adalah menyaring mana yang sebenarnya memang pantas untuk dikhawatirkan, mana yang tidak. Ini akan menjadi tugas yang berat ketika kita masih belum dalam keadaan tenang. Jadi, yang harus dilakukan pertama adalah menenangkan diri sendiri dulu. Yakinkan diri bahwa semua tetap akan baik-baik saja. Saat kita sudah tenang, baru uraikan semua kekhawatiran tadi. Cari tahu sumber cemasnya, lalu pertimbangkan risikonya. Setelah berhasil menguraikan semua pikiran, kita akan menyadari betapa banyak cemas dan takut yang sebenarnya dipikirkan.
Masuk ke lingkungan kerja bisa membawa banyak kejutan. Mungkin awalnya kita merasa yakin mampu menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Namun adaptasi bukanlah hal yang mudah. Kita dituntut untuk menyesuaikan diri ke lingkungan yang baru sambil melaksanakan tanggung jawab pekerjaan. Kecemasan yang muncul saat adaptasi menurunkan percaya diri untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Yakinkan diri sendiri bahwa mampu menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Toh, kamu pasti sudah mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk mengambil pekerjaan yang sekarang dimiliki. Ditambah lagi, rekan kerja yang memaklumi dan tidak mempermasalahkan kinerjamu selama ini. Kembalikan kepercayaan diri itu sebagaimana saat kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan.
Semangat! Meskipun dunia kerja banyak memberi kejutan, ia tetap tempat yang sangat menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar