Senin, 16 Mei 2016

PSIKOLOGI BERBAGI KE-10:



MERANCANG KARIR DAN KELUARGA DI DUNIA MINYAK                                  


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta.


Hidup hanya sekali, kita tidak tahu kapan “selesai” maka jangan sia-siakan. Rencanakan dengan menetapkan goal jangka pendek dan goal jangka panjang dan mulailah bertindak. Jatuh-bangun dalam setiap usaha merupakan hal yang wajar. Persimpangan pun selalu ada. Konsistensi merupakan hal penting dalam menjalani kehidupan dan ingatlah kemana kita akan kembali. Demikian sepenggal prakata sarat dengan makna yang diungkapkan oleh Sigit Meliyanto, S.T., alumni Mahasiswa Teknik Perminyakan  Universitas Proklamasi 45, lulus tahun 2013 dengan predikat Cumlaude. Beliau kini telah menjabat sebagai ESP. Field Techinician, PT. Powerlift Indonesia. Beliau adalah nara sumber pada acara Psikologi Berbagi ke-10 yang diadakan pada Jumat, 13 Mei 2016.


Acara yang dibuka oleh Ibu  Dewi Handayani H, S.Psi., M.Psi., selaku Wakil Rektor II UP 45 Yogyakarta diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Fakultas yaitu Teknik Perminyakan, Hukum dan Psikologi. “Di dunia industri migas yang saat ini semakin berkembang baik di Indonesia maupun di dunia internasional, sangat dibutuhkan tenaga-tenaga profesional. Universitas Proklamasi 45 berupaya seoptimal mungkin untuk mempersiapkan para lulusan untuk mampu bersaing hingga mencapai posisi seperti yang kita harapkan bersama”, demikian dijelaskan oleh ibu Dewi. Pentingnya bimbingan karir untuk mahasiswa dicermati oleh Fakultas Psikologi sehingga pada acara Psikologi Berbagi kali ini diangkat tema “Merancang karir dan keluarga di dunia minyak”. Sharing pengalaman tentang persiapan mencari kerja hingga cara merancang kehidupan berkeluarga dari seorang alumni diharapkan mampu menginspirasi dan memotivsi para mahasiswa, bahwa Universitas Proklamasi 45 benar-benar terbukti mampu mencetak lulusan yang membanggakan”, demikian dijelaskan oleh FX. Wahyu Widiantoro, pengelola acara Psikologi Berbagi ini.





Para peserta begitu bersemangat secara bergantian melontarkan beragam pertanyaan tentang dunia karir, cara memotivasi diri hingga meminta saran bagaimana bersikap yang benar ketika menghadapi dilema antara tuntutan berkarir dan kesiapan dalam membangun sebuah keluarga. Dalam acara itu, juga ada quiz. Hadiahnya adalah buku tentang kepribadian dan vouveher untuk mengikuti Ujian Toefl Like yang diadakan oleh Career Development Center UP45. Hadiah quiz diterima oleh mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 yang aktif bertanya yaitu Nurul Sari, dan mahasiswa Fakultas Teknik Minyak UP45 Rizqi.

0 komentar:

Posting Komentar